Abstract:
Layanan bimbingan kelompok adalah layanan yang memungkinkan sejumlah peserta didik secara bersama-sama memperoleh bahan dari narasumber tertentu (terutama guru pembimbing atau konselor) yang berguna untuk menunjang kehidupan sehari-hari bagi individu sebagai pelajar, anggota keluarga dan masyarakat serta untuk mempertimbangkan dalam pengambilan keputusan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meminimalisir perilaku agresif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Terpadu Ibnu Halim Medan Tahun
Ajaran 20198/2019, yang beralamat di Jalan Kawat 3 No.42 C Medan Deli. Subjek dan Objek peneliti adalah siswa kelas VIII-2 untuk dapat meminimalisir perilaku agresif. Proses pengambilan data dilakukan selama dua minggu yakni pada bulan Juli 2019, dengan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penerapan layanan bimbingan kelompok untuk meminimalisir perilaku agresif yang dilakukan oleh peneliti berjalan dengan optimal dan berhasil mengurangi perilaku agresif dilihat dari hasil observasi dan wawancara siswa berkomitmen dengan berjanji tidak melakukan perilaku agresif sehingga tercapai tujuan layanan. Dan hal ini terbukti pada perubahan sikap siswa, yang tadinya ingin mengganggu teman menjadi terhindar dan tidak ingin melakukannya karena sudah mengetahui dampak buruk apabila memiliki sifat agresif. Perubahan tersebut setelah mendapat layanan bimbingan kelompok dalam upaya pencapaian sasaran dilakukan bersama antara konseli dan konselor. Sebelum saya melakukan layanan bimbingan kelompok saya melihat perilaku agresif para siswa-siswi ini masih terjadi di dalam kelas sewaktu saya melakukan observasi yaitu di kelas VIII-2 lalu ketika saya melakukan layanan bimbingan kelompok maka terjadi peningkatan sebesar 75% siswa tidak melakukan perilaku agresif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meminimalisir Perilaku Agresif Kelas VIII-2 SMP Islam Terpadu Ibnu Halim Medan Deli Tahun Ajaran 2018/2019.