Research Repository

Analisis Perbandingan 5 Jenis Pier Fly Over Kereta Api Medan Dengan Menggunakanmetode Strut And Tie

Show simple item record

dc.contributor.author Pasaribu, Rahmad Amin
dc.date.accessioned 2020-11-06T07:10:50Z
dc.date.available 2020-11-06T07:10:50Z
dc.date.issued 2018-09
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8457
dc.description.abstract Pier merupakan hal yang sangat penting dan sangat mendasar yang akan mempengaruhi estetika, keekonomisan serta perilaku struktur dari kereta api layang. Pier didesain dalam 5 jenis seperti pier kotak, bulat, dinding, ganda dan Y. Pier akan menerima gaya dari gelagar yang telah di desain menggunakan CSI V17 akibat gaya reaksi dan gaya gempa sehingga akan mengalami gaya tekan yang besar. Apabila gaya tekan sangat besar maka akan terjadi alur retak dari pengaruh beban tersebut. Dalam perencanaan pier, terdapat berbagai metode desain, salah satunya adalah metode strut and tie. Tujuan dari studi ini adalah untuk menganalisis dan mengevaluasi perencanaan5 jenis pier pada proyek fly over Prof. HM. Yamin dengan menggunakan metode strut and tie. Perhitungan metode strut and tie dilakukan berdasarkan peraturan ACI Building Code 318- 2002, yang meliputi desain model strut and tie, besar gaya yang terjadi, penulangan pier serta hasil displacement menggunakan CSI V17. Untuk memperoleh hasil yang signifikan, maka perhitungan metode strut and tie dilakukan dengan menggunakan program komputer yaitu CAST. Dari hasil analisa dan perhitungan yang dilakukan, terdapat perbedaan hasil dimana perencanaan metode strut and tie yang dilakukan menggunakan program CAST memberikan luas tulangan dan gaya-gaya yang terjadi. Hasil yang didapat dengan menggunakan CAST, besaran gaya strut, tie, luas tulangan serta displacement yang didesain menggunakan CSI V17adalah pada pier kotak 18617.2 kN, 11094.8 kN, 88 D32 dan 0.022127 m, pier bulat 20969.3 kN, 13967.5 kN, 112 D32 dan 0.022634 m, pier dinding 11509.2 kN, 3719.7 kN, 60 D32 dan 0.021634 m, pier ganda 12352.3 kN, 7454.7 kN, 130 D32 dan 0.022055 m, dan pier Y 13649.6 kN, 5846 kN, 116 D32 dan 0.022130 m. en_US
dc.subject Pier en_US
dc.subject Jembatan en_US
dc.subject Strut and Tie en_US
dc.title Analisis Perbandingan 5 Jenis Pier Fly Over Kereta Api Medan Dengan Menggunakanmetode Strut And Tie en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account