Abstract:
Ekuitas Merek dan Harga memiliki hubungan erat dengan Minat Beli yang
mempengaruhi perasaan emosi dari perseorangan, organisasi maupun kelompok
dalam memenuhi kebutuhan mereka terhadap suatu produk. Sehingga penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis apakah ada pengaruh Ekuitas Merek terhadap
Minat Beli dan Harga terhadap Minat Beli dan pengaruh secara bersama-sama
antara Ekuitas Merek dan Harga terhadap Minat Beli Indihome pada PT.
Telekomunikasi Indonesia Tbk. Medan. Adapun populasi dalam penelitian ini
adalah pelanggan yang sudah memakai produk Indihome pada PT.
Telekomunikasi Indonesia Tbk. Medan dengan sampel penelitian diambil dari
sebahagian responden yang menjadi pelanggan Indihome pada PT.
Telekomunikasi Indonesia Tbk. Medan. Adapun jumlah populasi yang diteliti
sebanyak 1293 populasi, dan mengambil sampel dengan teknik sampling
acidental dengan jumlah sampel sebanyak 93 responden dengan menggunakan
teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
variabel Ekuitas Merek (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap
Minat Beli (Y) dan variabel Harga (X2) memiliki pengaruh postif dan signifikan
terhadap Minat Beli (Y). Berdasarkan uji simultan variabel Ekuitas Merek dan
Harga juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli. Dan
nilai koefisien determinasi yang diperoleh memiliki arti bahwa variabel Minat
Beli (Y) ditentukan oleh kedua variabel independen yaitu Ekuitas Merek (X1) dan
Harga (X2). Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak
diikutsertakan dalam penelitian ini.