Abstract:
Penelitian yang dilakukan pada Pembelian Minyak Goreng Bimoli Di Kota
Medan yang mana didalam pembelian produk atas Minyak Goreng Bimoli
terdapat permasalahan dilihat dari kualitas produk, harga dan promosi yang
ditawarkan. Dimana tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktorfaktor
yang
mempengaruhi
keputusan
pembelian
Minyak
Goreng
BIMOLI
daerah
Kota
Medan. Sampel pada Penelitian ini sebanyak 100 konsumen yang
melakukan pembelian atas produk Minyak Goreng BIMOLI .
Hasil penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang diproses dan
dianalisis dengan menggunakan Kaiser-Meyer-Olkin (KMO) measure of sampling
adequacy. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan
metode sampling jenuh. Uji kualitas data yang digunakan adalah uji validitas
dengan menggunakan koefisien korelasi dan uji reabilitas menggunakan
Cronbach Alpha. Dengan teknik analisa data yang dilakukan Bartlett’s test of
sphericity, Kaiser-Meyer-Olkin (KMO) measure of sampling adequacy, MSA
(Measure of sampling Adequacy), Communality, Eigenvalue, Scree plot dan
Faktor Loadings.
Hasil penelitian ini hasil uji statistik untuk faktor kualitas produk, harga dan
promosi dapat mempengaruhi keputusan pembelian Minyak Goreng BIMOLI
daerah Kota Medan, hal ini terbukti dengan diperoleh nilai KMO sebesar 0,858
dan nilai signifikansi Bartlett's Test of Sphericitynya adalah 0,000 sehingga dapat
disimpulkan bahwa analisis kualitas produk, harga dan promosi dapat
mempengaruhi keputusan pembelian Minyak Goreng BIMOLI daerah Kota
Medan. Dimana untuk jumlah faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian
yang diukur dengan menggunakan faktor kualitas produk, harga dan promosi
besar yaitu 85,8%