Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Citra Merek Dan
Media Iklan Instagram, Terhadap Keputusan Pembelian Produk Vans Pada
Mahasiswa Ekonomi Dan Bisnis UMSU, Populasi dalam penelitian ini adalah
mahasiswa fakultas ekonomi UMSU secara Accidental Sampling Teknik
pengambilan sampel berdasarkan kajian kebetulan. sebanyak 60 responden teknik
analisis data menggunakan uji asumsi klasik, regrasi linier berganda, uji t, uji
F,koefesien diterminatif.
Hasil dari penelitian ini adalah Terdapat pengaruh citra merek terhadap
keputusan pembelian sepatu vans pada Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis UMSU
dilihat dari nilai t hitung = 3,676 > t-tabel =2,00, dan nilai probabilitas 0,002 <
0,05, Terdapat pengaruh yang signifikan antara media iklan Instagram terhadap
keputusan pembelian sepatu vans pada Mahasiswa Ekonomi dan Bisnis UMSU hal
ini terlihat dari t-hitung = 3,610 > t-tabel =2,00, dan nilai probabilitas yakni sig
0,003 < 0,05, Terdapat pengaruh yang signifikan antara citra merek dan media iklan
Instagram terhadap keputusan membeli sepatu vans pada Mahasiswa Ekonomi dan
Bisnis UMSU terlihat dari nilai F-hitung = 14,394 > F-tabel =3,16. dan taraf
signifika yang bernilai sig 0,000 < 0,05. Lalu hasil koefisien determinasi sebesar
41,4% besaran nilai persentase yang mempengaruhi variabel bebas (citra merek dan
media iklan Instagram) terhadap variabel terikat (keputusan membeli) sedangkan
sisanya 58,6 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.