Abstract:
Pada setiap badan usaha yang bergerak dibidang ketenaga kerjaan,
Khususnya pengamanan sangatlah penting untuk memperhatikan kualitas
pelayanan, karena berhubungan langsung dengan kepuasan pelanggan yang
dirasakan oleh pelanggan sehingga terciptanya Loyalitas Pelanggan. Kualitas
pelayanan yang ditawarkan yang kan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan
sehingga dapat terciptanya loyalitas pelanggan.
Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas
pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Pada PT. Bravo
Satria Perkasa. Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden, dengan metode
accidental sampling dengan populasi seluruh pelangan PT. Bravo Satria Perkasa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini Kuantitatif dengan metode analisis
regresi, adapun tahap-tahap pengujianya adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji
normalitas, uji multikolinieritas, uji hetoroskedastisitas, analisis regresi berganda
uji r (korelasi), uji koefisien determinasi (R2), uji silmutan f, dan uji atatistik t.
Data-data telah memenuhio uji asumsi klasik, diolah sehingga
menghasilkan persamaan regresi linier berganda sebagai berikut: Y= 0857+0,306+160X2
Karena nilai koefisien seluruhnya positif, maka hal ini
berarti kedua variabel independen kualitas pelayanan (x1) dan kepuasan
pelanggan (x2) mempunyai hubungan positif signifikan terhadap variabel
dependen loyalitas pelanggan (Y). Uji jorelasi menunjukan kualitas pelayanan
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan sebesar 0,849. Pengujian
hipotesis menggunakan uji t menunjukan bahwa kedua variabel independen yang
diteliti terbukti secara signfika mempengaruhi variabel loyalitas konsumen.
Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan dan
kepuasan pelanggan memang layak untuk menguji variabel loyalitas pelanggan.
Angka R Square sebesar 0,858 menunjukannbahwa 85,8% variabel loyalitas
konsumen dapat dijelaskan oleh kedua variabel independen, sedangkan sisanya
sebesar 14,25% dijelaskan oleh variabel lain diluar kedua vriabel independen
yang digunakan dalam penelitian ini.