Abstract:
Tujuan penulis melakukan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pasien, untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh kepuasaan pasien terhadap loyalitas pasien dan untuk
mengetahui mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan
kepuasaan pasien terhadap loyalitas pasien rawat jalan Rumah Sakit dr. GL.
Tobing. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Acidental
Sampling. Acidental Sampling yaitu penentuan sampel secara kebetulan sebanyak
50 responden yang merupakan pasien rawat jalan Rumah Sakit dr. GL. Tobing.
Hasil penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang diproses dan
dianalisis dengan menggunakan Regresi Berganda. Lalu melakukan uji kualitas
data yang digunakan adalah uji validitas dengan menggunakan Corrected Item
Total dan uji reabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Untuk uji hipotesis
dalam penelitian ini. Peneliti menggunakan uji t, dan uji F serta melakukan uji
determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel terdapat pengaruh positif
variabel kualitas pelayanan terhadap variabel loyalitas pasien yang ditunjukkan
dengan thitung (5.864) > ttabel (1,68) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000< 0,05,
dan terdapat pengaruh positif variabel kepuasan pasien terhadap variabel loyalitas
pasien yang ditunjukkan dengan nilai thitung (2,717) > ttabel (1,68) dengan nilai
signifikansi sebesar 0,009< 0,05, dan untuk kualitas pelayanan dan kepuasan
pasien berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien Rawat Jalan
Rumah Sakit dr. GL. Tobing, dengan nilai Fhitung (98.039) > Ftabel (3.18) dengan
tingkat signifikasi 0.000, dengan nilai R Square sebesar 0,807 atau 80,7% yang
artinya terdapat pengaruh signifikan kualitas pelayanan dan kepuasaan pasien
terhadap loyalitas pasien.