Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen sayuran
organik serta menganalisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Sayuran Organik
pada bulan Januari sampai bulan Februari 2019.
Metode penelitian dilakukan dengan studi kasus (case study) dan analisis
deskriptif yaitu metode yang menjelaskan jenis penelitian mengenai suatu objek
tertentu, atau suatu fenomena yang di tentukan pada suatu tempat yang belum tentu
sama dengan daerah lain. Metode penarikan sampel menggunakan insidental
sampling. Sampel yang diteliti sebanyak 68 sampel. Metode analisis yang digunakan
adalah metode deskriptif, Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer
Satisfaction Index (CSI).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Karakteristik anggota ternak sapi adalah
sebagian besar anggota ternak sapi berjenis kelamin wanita, sudah menikah, usia
yang paling dominan 30 – 39 dengan jumlah anggota keluarga 4 orang. Tingkat
pendidikan anggota ternak sapi sebagian besar SMA dan S1. Penelitian menunjukkan
dominan Rata – rata pendapatan perbulan yakni >Rp. 5.000.000, konsumen yang
mendominasi sayuran organik di Brastagi Supermarket Tiara Medan ini adalah Ibu
Rumah Tangga. Berdasarkan analisis Customer Satisfaction Index (CSI) diperoleh
sebesar 0,822 (82,2%). Hal ini menunjukkan rentang indeks kepuasan berada pada
0,81 – 1,00 yang artinya tingkat kepuasan konsumen terhadap sayuran organik ada
pada tingkat sangat puas.