Abstract:
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
menganalisis pengaruh merek dan desain terhadap keputusan pembelian HP
Iphone pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Muhammadiyah Sumatera Utara, secara parsial maupun secara bersama-sama
(simultan).
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Fakultas Ekonomi
dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utarayang menggunakan HP
Iphone.Pengambilan sampel ini menggunakanteknik penarikan sampel Sampling
Accidental yang merupakan teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan.
Penulis menetapkan sampel sebanyak 120 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Universitas Muhammadiyah Sumatera Utarayang menggunakan HP
Iphone. Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, regresi
berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian adalah ada pengaruh positif dan signifikan merek
terhadap keputusan pembelian dilihat dari thitung4,897> ttabel1,980 (sig 0,000),
dimana signifikan t lebih kecil dari = 0,05. Ada pengaruh positif dan
signifikan desain produk terhadap keputusan pembelianHP Iphone dilihat dari
thitung4,619> ttabel1,980 (sig 0,000), dimana signifikan t lebih kecil dari = 0,05.
Secara simultan diketahui bahwa ada pengaruh positif dan signifikan merek dan
desain produk terhadap keputusan pembelian dilihat dari nilai Fhitung35,656>
Ftabel3,07 dengan sig 0,000<0,05.Berdasarkan uji koefisien determinasi diketahui
bahwa Nilai R
2
sebesar 0,379 berarti 37,9% faktor-faktor yang keputusan
pembelian dapat dijelaskan oleh merek dan desain produk, sedangkan sisanya
sebesar 62,10% dapat dijelaskan dari faktor-faktor yang tidak diteliti dalam
penelitian ini.