Abstract:
Transportasi merupakan media pelayanan jasa angkutan umum yang sering
ditemui di berbagai tempat. Tujuan diadakan jasa transportasi adalah untuk
mempermudah dan mempersingkat jarak dan waktu tempuh wilayah jangkauan
seseorang untuk berpergian. Pada umumnya yang sering ditemui dan digunakan
masyarakat seperti jasa layanan transportasi bus. PT Sempati Star adalah sebuah
perusahaan yang bergerak di bidang jasa. PT Sempati Star belakangan ini sering
terjadi kecelakaan lalu lintas. Akibatnya, banyak berita buruk mengenai PT Sempati
Star yang menyebabkan penurunan citra. Oleh karena itu peneliti membuat penelitian
dengan judul pola komunikasi pimpinan PT Sempati Star dalam memperbaiki citra
perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi pimpinan PT
Sempati Star dalam memperbaiki Citra perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Informan dalam penelitian ini terdiri dari 3 orang yaitu Manager 1 orang, Staff
pelayanan 1 orang, dan konsumen atau penumpang 1 orang. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah dengan wawancara, kepustakaan dan dokumentasi. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa pimpinan PT Sempati Star dalam upaya
memperbaiki citra perusahaan mempergunakan beberapa pola komunikasi yaitu
konferensi pers dan tatap muka serta komunikasi massa dengan media cetak. Pola
komunikasi tersebut telah berhasil memperbaiki citra perusahaan.