Abstract:
Tujuan penulis untuk menganalisis pengaruh produk terhadap kepuasan nasasbah,
untuk menganalisis pengaruh harga terhadap kepuasan nasasbah, untuk menganalisis
pengaruh promosi terhadap kepuasan nasasbah, untuk menganalisis pengaruh tempat
terhadap kepuasan nasasbah dan untuk menganalisis pengaruh produk, harga,
promosi dan tempat terhadap kepuasan nasasbah PT Asuransi Jiwasraya (Persero)
Cabang Medan Utara, dengan pendekatan penelitian menggunakan asosiatif, dengan
jumlah sampel sebanyak 100 nasabah
Hasil penelitian ini dikumpulkan melalui kuesioner yang diproses dan dianalisis
dengan menggunakan Regresi Berganda. Lalu melakukan uji kualitas data yang
digunakan adalah uji validitas dengan menggunakan Corrected Item Total dan uji
reabilitas menggunakan Cronbach Alpha. Untuk uji hipotesis dalam penelitian ini.
Peneliti menggunakan uji t, dan uji F serta melakukan uji determinasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif variabel produk
terhadap variabel kepuasan nasabah ditunjukkan thitung (2,550) > ttabel (1,66), terdapat
pengaruh positif variabel harga terhadap variabel kepuasan nasabah yang ditunjukkan
thitung (3,440) > ttabel (1,66), terdapat pengaruh positif variabel promosi terhadap
variabel kepuasan nasabah yang ditunjukkan thitung (2,489) > ttabel (1,66), terdapat
pengaruh positif variabel tempat terhadap variabel kepuasan nasabah yang
ditunjukkan thitung (3,090) > ttabel (1,66). Pengujian yang dilakukan secara simultan
menunjukkan bahwa variabel produk, harga, promosi dan tempat terhadap kepuasan
nasabah PT Asuransi Jiwasraya ( Persero ) Cabang Medan Utara. Dengan nilai Fhitung
(17,273) > Ftabel (3.09) dengan tingkat signifikasi 0.000. Dengan Nilai koefisien
determinasi yang diperoleh R Square yaitu sebesar 0,421 atau 42,1% yang artinya
pengaruh produk, harga, promosi dan tempat terhadap kepuasan nassabah sebesar
42,1%, sedangkan sisanya 57,9% variabel-variabel lain yang tidak diteliti oleh
penelitian ini, misalnya misalnya iklan, kualitas pelayanan dan variabel lainnya