Abstract:
Kepuasan Pelanggan adalah suatu kondisi dimana terakhir yang diterima oleh
pelanggan dari jasa yang ia dapat, sesuai dengan yang ia harapkan dari jasa tersebut.
Secara umum kepuasan dapat diartikan sebagai adanya kesamaan antara kinerja produk
dan pelayanan yang diharapkan pelanggan.Kepuasan pelanggan dapat dipengaruhi
berbagai factor diantaranya Harga dan Pelayanan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan pelayanan terhadap
kepuasaan mahasiswa Umsu dengan meenggunakan sepeda motor Honda scoopy.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan asosiatif. Dalam
penentuan sampel penulis mengambil seluruh bagian populasi yang berjumlah 75
respoden. Jenis penelitian ini adalah accidental sampling.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil Uji t variabel harga terhadap kepuasan
konsumen (2,045>1.993)dan signifikan sebesar (0,207<0,05) bahwa tidak ada pengaruh
signifikan harga tehadap keepuasan konsumen.Hasil uji t variabel pelayanan terhadap
kepuasan konsumen (5,369>1,993) dan signifikan sebesar (0,570>0,05) bahwa ada
pengaruh variabel pelayanan terhadap kepuasan konsumen.Hasil uji f sebesar
(28,763>3,12) dan angka signifikan (0,000>0,05) bahwa ada pengaruh antara Harga dan
Pelayanan secara simultan dan signifikan terhadap Kepuasan Mahasiwa UMSU.Nialai RSquare
di
dapat
hasil
koefisien
determinasi
(R
) sebesar 0,444 menjelaskan bahwa 44,4%
Variabel Harga dan Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa UMSU dan 66,6% di
pegaruhi variabel yang tidak di ketahui.