Abstract:
Keputusan pembelian merupakan tahap-tahap yang dilaluin pembeli dalam
menentukan pilihan tentang peroduk dan jasa yang di beli. Keputusan pembelian
sebagai seleksi terhadap dua pilihan alternative atau lebih, dengan kata lain
ketersedian pilihan yang lebih dari satu merupakan keharusan dan mengambil
keputusan.
Keputusan pembelian di pengaruhi beberapa faktor di antaranya ialah,
Kepribadian dan gaya hidup. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
kepribadian dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda
vario. Penelitian ini menggunakan angket terhadap 80 responden dan teknik analisis
data menggunakan regrasi linier berganda, asumsi klasik, uji t, uji f, dan koefisien
determinasi.
Hasil regresi linier berganda : Y = 5.251 + 0.817 X1 + 0.092 X2 adalah hasil
pengujian hipotesis secara parsial menunjukan bahwa keperibadian dan gaya hidup
berpengaruh terhadap keputusan pembelian,sedangkan gaya hidup tidak. Hal ini
menunjukan nilai koefision determinasi sebesar 0.311 atau 68,9% variasi nilai
keputusan pembelian di tentukan oleh variasi nilai keperibadian, sedangkan sisanya
68,9%.