Research Repository

Pengaruh Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PDAM Tirtanadi. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Me

Show simple item record

dc.contributor.author Anisyah
dc.date.accessioned 2020-11-06T01:57:29Z
dc.date.available 2020-11-06T01:57:29Z
dc.date.issued 2018-03-18
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/8240
dc.description.abstract Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PDAM Tirtanadi Medan, untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan PDAM Tirtanadi Medan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan asosiatif. Pendekatan asosiatif adalah suatu pendekatan dimana untuk mengetahui bahwa adanya hubungan atau pengaruh diantara kedua variabel (variabel bebas dan variabel terikat). Populasi didalam penelitian ini adalah pelanggan di PDAM Tirtanadi Medan. Dalam penelitian ini penulis menentukan sampel di tetapkan besarnya yaitu 100 responden. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial pengaruh antara pelayanan terhadap kepuasan pelanggan diperoleh diperoleh thitung (5,673) > ttabel (1,984), dengan taraf signifikan 0,000 <0,05. Nilai 5,673 lebih besar 1,984 menunjukkan thitung lebih besar dan tj. Dan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Ha diterima (IL3 ditolak). Hal im menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan hash pengujian secara parsial pengaruh antara pelayanan terhadap kepuasan pelanggan diperoleh thitung (3,343)> ttabel (1,984), dengan taraf signifikan 0,001 < 0,05. Nilai 3,343 lebih besar 1,984 menunjukkan lebih besar dan t1. Dan basil tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 diterima (H0 ditolak). Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PDAM Tirtanadi. en_US
dc.subject Pelayanan en_US
dc.subject Kepuasan Pelanggan en_US
dc.title Pengaruh Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PDAM Tirtanadi. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Me en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account