Abstract:
Penelitian ini berjudul “Proses Komunikasi Organisasi Pimpinan dalam
Penyelesaian Komplain Pelanggan (Studi Kasus pada Perusahaan CV. Glory
Vicctory di kota Medan”. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan
menganalisa secara rinci proses komunikasi organisasi perusahaan CV. Glory
Victory dalam menangani keluhan pelanggannya.Seorang pimpinan harus siap
dalam menghadapi apabila terjadi suatu permasalahan berupa sebuah komplain
terhadap pelanggan dan harus memiliki ide serta solusi dalam menyelesaikan
masalah komplain tersebut. Dibutuhkan suatu kerja sama antara seorang admin
perusahaan dan pimpinan agar permasalahan komplain dari perusalahaan lain
tidak melebar ke perusahaan yang lain.
Dalam penelitian metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis
kualitatif. Penelitian ini dilakukan CV. Glory Victory kota Medan. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi
pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses komunikasi organisasi
pimpinan membutuhkan seorang pemimpin yang bijaksana dan mengambil peran
dalam membantu apabila terjadi suatu permasalahan. Cerdas, cermat, dan solusi
merupakan syarat utama apabila terjadi suatu masalah berupa komplain dari
pelanggan, jangan panik dan berani untuk bertanggung jawab atas apa yang sudah
diperbuat karena apabila gagal itu akan dapat merugikan baik perusahaan itu
sendiri, diri kita sendiri, dan perusahaan yang ikut bekerja sama.