Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada
pengaruh layanan informasi terhadap perilaku cyberbullying pada siswa kelas VIII
MTs Al-Muslihin Binjai tahun pembelajaran 2018/2019. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh layanan informasi terhadap perilaku
cyberbullying pada siswa kelas VIII MTs Al-Muslihin Binjai tahun pembelajaran
2018/2019. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif yaitu untuk mengetahui hubungan variabel bebas (Layanan
Informasi) dan variabel terikat (Perilaku Cyberbullying). Teknik pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penyebaran angket tertutup.
Instrument penelitian yang digunakan adalah berupa angket yang berisi 30
pernyataan yang terdiri dari 15 item angket layanan informasi dan 15 item angket
perilaku cyberbullying. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VIII-1 MTs Al-Muslihin Binjai yang berjumlah 38 siswa. Hasil analisi kolerasi
termasuk dalam kategori interprestasi sangat tinggi, mengemukakan ada
hubungan positif anatar layanan informasi dengan perilaku cyberbullying, r
2089,5 r 0,3202, dan hal ini dapat dipahami bahwa r >r atau 2089,5
> 0,3202, berarti ada hubungan antara variabel X dan Variabel Y. Sedangkan nilai
uji t sebesar 189,8 dan t 2,028 hal ini menunjukkan adanya hubungan
signifikat antara layanan informasi dengan perilaku cyberbullying karena
t >t atau 189,8 > 2,028. Ternayat (t >t ) maka Ha diterima dan
Ho ditolak, sehingga ada pengaruh layanan informasi terhadap perilaku
cyberbullying pada siswa kelas VIII MTs Al-Muslihin Binjai tahun pembelajaran
2018/2019.