Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
apakah ada pengaruh media bimbingan konseling terhadap motivasi belajar siswa
kelas VIII SMP Ali Imron tahun pembelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui pengaruh media bimbingan konseling terhadap motivasi
belajar siswa kelas VIII SMP Ali Imron tahun pembelajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Ali Imron. Adapun populasi sampel pada
penelitian ini adalah berjumlah 27 orang yang terdiri dari kelas VIII. Data yang
diambil menggunakan instrument angket skala likert yang berjumlah 18 item yang
kemudian di uji validitas sehingga mendapatkan 10 item pernyataan untuk
menjaring data media bimbingan konseling dan 20 item pernyataan untuk
menjaring data motivasi belajar. Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh hasil
perhitungan korelasi rhitung= 0,684 dan rtabel 0,266 jadi rhitung > rtabel ( 0,684 >
0,266 ). Dengan demikian terdapat pengaruh yang kuat antara media bimbingan
konseling terhadap motivasi belajar. Berdasarkan nilai determinasi diperoleh nilai
sebesar 46,78%. Dari hasil penelitian ini diperoleh thitung = 6,426, sedangkan ttabel
dengan α = 5%. Dengan demikian diperoleh thitung sebesar 6,426 sedangkan ttabel
sebesar 2,005 berarti thitung > ttabel atau 6,426 > 2,005. Dapat disimpulkan bahwa
hipotesis yang benar yang mana Ha diterima dan Ho ditolak. Ini berarti terdapat
pengaruh media bimbingan konseling terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP
Ali Imron tahun pembelajaran 2017/2018.