Abstract:
Bimbingan kelompok merupakan layanan yang diberikan kepada siswa agar
mampu mengatasi permasalahan - permasalahan yang dialaminya, baik yang
bersifat pribadi maupun sosial, sehingga mampu membina hubungan sosial yang
harmonis di lingkungan. Bimbingan kelompok dalam bimbingan dan konseling
mengajarkan siswa untuk dapat berpikir lebih baik dari setiap permasalahan yang
dihadapi. Kurangnya Integritas pada siswa karena banyak yang merasa cemas
ketika menghadapi masalah, gugup ketika harus berbicara di depan orang lain,
cemas dalam menghadapi situasi, memiliki kelemahan dalam mengikuti pelajaran
dan mengikuti ujian. Pada diri siswa tentu dapat mengganggu proses kegiatan
belajar dan mengajar didalam kelas, dan menjadikannya berjalan tidak efektif.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang bertujuan untuk
mengetahui Meningkatkan integritas siswa melalui layanan bimbingan kelompok
pada siswa kelas XI SMK 2 Harapan Mekar Medan Tahun Pembelajaran
2017/2018. Untuk menentukan objek dalam penelitian ini menggunakan
Purposive Sampling (sampel berkriteria) sebanyak 10 siswa. Adapun instrument
dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara dengan siswa yang
bersangkutan dan orang - orang yang dapat memberikan informasi tentang yang
diteliti. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat
diketahui bahwa meningkatkan integritas siswa melalui layanan bimbingan
kelompok pada siswa kelas XI SMK 2 Harapan Mekar Medan Tahun
Pembelajaran 2017/2018 sudah berjalan dengan baik.