Research Repository

Pengaruh U-Turn Pada Persimpangan Empat Kayu Besar Terhadap Kelancaran Arus Lalu Lintas

Show simple item record

dc.contributor.author Syahputra, Irfan
dc.date.accessioned 2020-11-05T07:08:50Z
dc.date.available 2020-11-05T07:08:50Z
dc.date.issued 2019-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7998
dc.description.abstract Transportasi mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia, karena transportasi mempunyai pengaruh besar terhadap perorangan, masyarakat, pembangunan ekonomi, dan sosial politik suatu Negara. Untuk mengakomodir pergerakan lalu lintas, pada ruas jalan dimungkinkan memiliki beberapa titik bukaan median yang memungkinkan kendaraan merubah arah perjalanan berupa gerakan putar balik arah atau diistilahkan sebagai gerakan u-turn. Kendaraan saat melakukan gerak u-turn pada bukaan median membutuhkan lebih banyak waktu, sehingga berakibat tertundanya pengguna jalan baik yang searah maupun berlawanan arah. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisa waktu tempuh rata-rata kendaraan yang akan melakukan u-turn, waktu tempuh rata-rata kendaraan yang terganggu dan tidak terganggu akibat uturn dan Bagaimana tingkat pelayanan pada ruas Jalan Besar Tanjung Morawa. Untuk mendapatkan tujuan tersebut digunakan metodologi MKJI 1997. Dari hasil penelitian tersebut didapatkan bahwa waktu tempuh rata-rata kendaraan yang terbesar saat melakukan u-turn di jalan Besar Tanjung Morawa adalah 32,07detik dengan panjang antrian saat melakukan u-turn sebesar 120 meter dengan waktu tempuh rata-rata arus terganggu sebesar 20,44 detik dan arus tidak terganggu sebesar 8,93 detik. Dengan tingkat pelayanan C en_US
dc.subject U-turn en_US
dc.subject Waktu Tempuh en_US
dc.subject Kapasitas en_US
dc.title Pengaruh U-Turn Pada Persimpangan Empat Kayu Besar Terhadap Kelancaran Arus Lalu Lintas en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account