Abstract:
Transportasi mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia, karena
transportasi mempunyai pengaruh besar terhadap perorangan, masyarakat,
pembangunan ekonomi, dan sosial politik suatu Negara. Untuk mengakomodir
pergerakan lalu lintas, pada ruas jalan dimungkinkan memiliki beberapa titik
bukaan median yang memungkinkan kendaraan merubah arah perjalanan berupa
gerakan putar balik arah atau diistilahkan sebagai gerakan u-turn. Kendaraan saat
melakukan gerak u-turn pada bukaan median membutuhkan lebih banyak waktu,
sehingga berakibat tertundanya pengguna jalan baik yang searah maupun
berlawanan arah. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk
menganalisa waktu tempuh rata-rata kendaraan yang akan melakukan u-turn,
waktu tempuh rata-rata kendaraan yang terganggu dan tidak terganggu akibat uturn
dan Bagaimana tingkat pelayanan pada ruas Jalan Besar Tanjung Morawa.
Untuk mendapatkan tujuan tersebut digunakan metodologi MKJI 1997. Dari hasil
penelitian tersebut didapatkan bahwa waktu tempuh rata-rata kendaraan yang
terbesar saat melakukan u-turn di jalan Besar Tanjung Morawa adalah 32,07detik
dengan panjang antrian saat melakukan u-turn sebesar 120 meter dengan waktu
tempuh rata-rata arus terganggu sebesar 20,44 detik dan arus tidak terganggu
sebesar 8,93 detik. Dengan tingkat pelayanan C