Abstract:
Untuk mengetahui pergerakan lalu lintas, pada ruas jalan dimungkinkan memiliki
beberapa titik bukaan median yang memungkinkan kendaraan merubah arah
perjalanan berupa gerakan putar balik arah atau diistilahkan sebagai gerakan Uturn. Kendaraan saat melakukan gerak u-turn pada bukaan median membutuhkan
lebih banyak waktu, Kendaraan yang melewati ruas jalan ini mengalami kecepatan
relatif rendah sehingga memperburuk kondisi jalan, kendaraan akan melambat
atau berhenti dan menimbulkan antrian kendaraan yang menyebabkan kemacetan
lalu lintas. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisa
Volume u-turn lalu lintas, mengetahui tingkat pelayanan pada jalan Tengku Amir
Hamzah, waktu tempuh rata-rata kendaraan yang akan melakukan u-turn, dan
panjang antrian saat melakukan u-turn. Untuk mendapatkan tujuan tersebut
digunakan metodologi MKJI 1997. Dari hasil penelitian tersebut didapatkan
bahwa Volume u-turn lalu lintas adalah 416 knd/jam, Dengan tingkat pelayanan
Jalan D waktu tempuh rata-rata kendaraan yang akan melakukan u-turn di jalan
Tengku . Amir Hamzah adalah 12,4 detik dengan panjang antrian saat melakukan
u-turn sebesar 22 meter.