Abstract:
Permasalahan selalu ada dalam kehidupan, pendidikan merupakan salah satu modal
utama dalam menghadapi masa depan, dalam pendidikan formal yaitu sekolah siswa
diharapkan aktif, dimana kunci utamanya adalah dapat beriteraksi dengan lingkungan
sekolah yaitu teman, guru serta seluruh perangkat sekolah serta tidak berbuat
kerusakan. Dalam kehidupan pendidikansangat penting tidak memandang usia dan
waktu. Tujuan penelitian ini adalah untukmeningkatkan motivasi bagi ekonomi
kurang mampu untuk melanjutkan pendidikan ke SMAdi SMP SWASTA
BANDUNG tahun pembelajaran 2017/2018. Subjek dalam penilitan ini adalah siswa
kelas IX SMP SWASTA BANDUNG berjumlah sebanyak 101 siswa dan objeknya
adalah 30 siswa. Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini
menggunkan observasi dan wawancara yang sesuai dengan penerapan layanan
informasi untuk meningkatkan motivasi ekomoni kurang mampu. Adapun teknis
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data,
penyajian data, dan mengambil kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diketahui
bahwa penerapan layanan informasi untuk motivasi siswa ekonomi kurang mampu
seiring pembiasaan siswa dalam pendidikan. Dengan adanya layanan tersebut,
masalah anak yang tidak percaya diri untuk melanjutkan SMA dengan ekomoni
rendah khususnya pada kelas IX SMP SWASTA BANDUNG Tahun Ajaran
2017/2018