Abstract:
enelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas gambaran kecerdasan emosi siswa
sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan rasional
emotive therapy dalam meningkatkan kecerdasan emosi siswa. Tingkat kecerdasan emosi siswa
sebelum dilakukan konseling kelompok dengan pendekatan rasional emotive therapy berada
pada kategori sangat rendah. jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif . Subjek dalam
penelitian ini adalah peneliti sendiri yang terlibat langsung melakukan layanan konseling
kelompok dengan pendekatan rasional emotive therapy bekerjasama dengan guru bimbingan dan
konseling yang ada di SMAN 1 Barumun dengan subjek seluruh siswa kelas XI SMAN 1
Barumun Tahun Pembelajaran 2018 / 2019. Objek dalam penelitian ini adalah 10 orang siswa
kelas XI yang tingkat kecerdasan emosinya rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan observasi, wawancara, dan angket sebagai alat latihan. Adapun teknik analisis
data pelaksanaan penelitian ini dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kecerdasan emosi setelah dilakukan
konseling kelompok dengan teknik rasional emotive therapy dengan melihat hasil angket
latihan kecerdasan emosi yang menunjukkan bahwa 10 orang siswa yang menjadi objek
penelitian sudah dapat meningkatkan kecerdasan emosi dan mengendalikanya dimana
keberhasilan dalam menjawab angket tersebut adalah 70
/0