Abstract:
Komunikasi erat kaitannya dengan kegiatan sehari-hari, komunikasi juga
sering dikaitkan dalam kegiatan pemasaran. Pelaku bisnis dituntut untuk
berinovasi dengan bisnisnya dengan mengikuti perkembang atau trend agar lebih
unggul dan memberikan kesan yang berbeda dari pesaingnya. Sekarang ini
banyak bermunculan bisnis makanan yang memanfaatkan trend dengan
menggunakan akun media sosial seperti instagram untuk mengiklankan
produknya. Media sosial instagram adalah sebuah aplikasi berbagai foto dan
video yang memungkinkan penggunanya mengambil foto, mengambil video,
menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial,
termasuk instagram itu sendiri. Northstar Cafe Medan termasuk salah satu bisnis
yang aktif melakukan promosi melalui media sosial instagram. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui komunikasi pemasaran cafe melalui media sosial
(studi kasus pada media sosial instagram story North Star Cafe Medan), lama
penulisan ini melakukan penelitian adalah selama lebih kurang 2 (dua) bulan.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan
deskriptif. Narasumber dari penelitian ini sebanyak 5 orang yang terdiri dari 1
manager dan 4 pengunjung. Hasil penelitian ini adalah komunikasi pemasaran
melalui media sosial instagram story North Star Cafe kurang efektif karena
pengunjung tersebut lebih mengenal North Star Cafe dari unggahan foto dan
video yang mereka lihat di akun instagram North Star Cafe Medan.