Research Repository

Meningkatkan Kontrol Diri Dalam Interaksi Sosial Melalui Layanan Bimbingan Kolompok Pada Siswa Kelas XI TKJ 2 SMK Muhammadiyah 04 Medan Tahun Ajaran 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.author Misriani
dc.date.accessioned 2020-11-05T04:54:19Z
dc.date.available 2020-11-05T04:54:19Z
dc.date.issued 2019-09-18
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7874
dc.description.abstract Permasalahan yang terjadi pada siswa kelas XI TKJ 2 ialah terdapat beberapa siswa yang kurang mengontrol diri dalam berinteraksi sehingga mudah terpancing emosinya serta mengejek teman sehingga dapat mengakibatkan perkelahian. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk meningkatkan kontrol diri dalam interkasi sosial melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XI TKJ 2 SMK Muhammadiyah 04 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif dengan mengunakan tahap – tahap layanan bimbingan kelompok untuk melihat perubahan siswa selama pemberian layanan. Subjek penelitian ialah seluruh siswa kelas XI TKJ 2 yang berjumlah 38 siswa, sedangkan objek penelitian ini berjumlah 7 siswa yang sesuai dengan kreteria kurangnya kontrol diri dalam interaksi sosial. Instrumen penelitian mengunakan instrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah dilakukannya penelitian, maka didapatkan hasil penelitian bahwa layanan bimbingan kelompok mampu meningkatkan kontrol diri dalam interaksi sosial siswa kelas XI TKJ 2 SMK Muhammadiyah 04 Medan Tahun Ajaran 2018/2019, dengan data evaluasi layanan ke I masih rendah hal ini berdasarkan observasi, dan data hasil evaluasi layanan ke II meningkat berdasarkan observasi dari 7 orang yang mengikuti kegitan layanan bimbingan kelompok ada 5 orang siswa yang berarti siswa sudah memahami dan sudah mampu meningkatkan kontrol diri dalam interaksi sosial. Hal ini dapat dipersenkan ada 70% peningkatannya. en_US
dc.subject Layanan Bimbingan Kelompok en_US
dc.subject Kontrol diri en_US
dc.subject Interkasi Sosial en_US
dc.title Meningkatkan Kontrol Diri Dalam Interaksi Sosial Melalui Layanan Bimbingan Kolompok Pada Siswa Kelas XI TKJ 2 SMK Muhammadiyah 04 Medan Tahun Ajaran 2018/2019 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account