Abstract:
Permasalahan yang terjadi pada siswa kelas XI TKJ 2 ialah terdapat beberapa
siswa yang kurang mengontrol diri dalam berinteraksi sehingga mudah terpancing
emosinya serta mengejek teman sehingga dapat mengakibatkan perkelahian.
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk meningkatkan kontrol diri dalam interkasi
sosial melalui layanan bimbingan kelompok pada siswa kelas XI TKJ 2 SMK
Muhammadiyah 04 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian ini
mengunakan metode penelitian kualitatif dengan mengunakan tahap – tahap
layanan bimbingan kelompok untuk melihat perubahan siswa selama pemberian
layanan. Subjek penelitian ialah seluruh siswa kelas XI TKJ 2 yang berjumlah 38
siswa, sedangkan objek penelitian ini berjumlah 7 siswa yang sesuai dengan
kreteria kurangnya kontrol diri dalam interaksi sosial. Instrumen penelitian
mengunakan instrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah
dilakukannya penelitian, maka didapatkan hasil penelitian bahwa layanan
bimbingan kelompok mampu meningkatkan kontrol diri dalam interaksi sosial
siswa kelas XI TKJ 2 SMK Muhammadiyah 04 Medan Tahun Ajaran 2018/2019,
dengan data evaluasi layanan ke I masih rendah hal ini berdasarkan observasi,
dan data hasil evaluasi layanan ke II meningkat berdasarkan observasi dari 7
orang yang mengikuti kegitan layanan bimbingan kelompok ada 5 orang siswa
yang berarti siswa sudah memahami dan sudah mampu meningkatkan kontrol diri
dalam interaksi sosial. Hal ini dapat dipersenkan ada 70% peningkatannya.