Research Repository

Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Perencanaan Karier Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah Tahun Pembelajaran 2018/2019

Show simple item record

dc.date.accessioned 2020-03-01T05:10:41Z
dc.date.available 2020-03-01T05:10:41Z
dc.date.issued 2019-09-18
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/786
dc.description.abstract Layanan informasi adalah kegiatan memberikan pemahaman kepada individuindividu yang berkepentingan tentang berbagai hal yang diperlukan untuk menjalani suatu tugas atau kegiatan, atau untuk menentukan arah suatu tujuan atau rencana yang dikehendakinya. Perencaan karier adalah suatu proses dimana individu dapat mengidentifikasi dan mengambil langkah-langkah untuk mencapai tujuan–tujuan kariernya. Perencanaan karier melibatkan pengidentifikasian tujuan–tujuan yang berkaitan dengan karier dan penyusunan rencana-rencana untuk mencapai tujuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Perencanaan Karier Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 06 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jumlah populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa, sedangkan untuk sampel berjumlah 30 siswa dengan menggunakan teknik Sampel Jenuh dimana seluruh populasi dijadikan sampelPenelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan variabel bebas (Layanan Informasi) dan variabel terikat (Perencanaan Karier). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala perencanaan karier. Sebelum dilakukan uji validitas, variabel terikat terdiri dari 60 item pernyataan. Setelah dilakukan uji validitas dengan menggunakan program spss 17.0 dan divalidasi konstrak oleh dosen pembimbing sehingga diperoleh 30 item pernyataan yang valid. Sebelum diberi Layanan Informasi (Pre–test) tingkat perencanaan karier siswa dengan rata–rata 72,2 namun setelah layanan informasi diberikan (Pre–test) perencanaan karier siswa mengalami peningkatan dengan rata–rata 101,73. Setelah dilakukan uji beda maka diperoleh t hitung sebesar 3,374 dan diketahui t tabel sebesar 2,04 dengan d.b = N–1 (30–1) pada taraf signifikasi (α) 0,05 sehingga keputusannya adalah thitung > ttabel yaitu (3,374 >2,04). Maka Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Ini berarti bahwa terdapat Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Perencanaan Karier Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 06 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. en_US
dc.subject Layanan informasi en_US
dc.subject perencanaan karier en_US
dc.title Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Perencanaan Karier Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah Tahun Pembelajaran 2018/2019 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account