Abstract:
Layanan informasi adalah kegiatan memberikan pemahaman kepada individuindividu
yang berkepentingan tentang berbagai hal yang diperlukan untuk
menjalani suatu tugas atau kegiatan, atau untuk menentukan arah suatu tujuan
atau rencana yang dikehendakinya. Perencaan karier adalah suatu proses dimana
individu dapat mengidentifikasi dan mengambil langkah-langkah untuk mencapai
tujuan–tujuan kariernya. Perencanaan karier melibatkan pengidentifikasian
tujuan–tujuan yang berkaitan dengan karier dan penyusunan rencana-rencana
untuk mencapai tujuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Perencanaan Karier Siswa Kelas XI SMK
Muhammadiyah 06 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Jumlah populasi
dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa, sedangkan untuk sampel berjumlah 30
siswa dengan menggunakan teknik Sampel Jenuh dimana seluruh populasi
dijadikan sampelPenelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
variabel bebas (Layanan Informasi) dan variabel terikat (Perencanaan Karier).
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa skala perencanaan karier.
Sebelum dilakukan uji validitas, variabel terikat terdiri dari 60 item pernyataan.
Setelah dilakukan uji validitas dengan menggunakan program spss 17.0 dan
divalidasi konstrak oleh dosen pembimbing sehingga diperoleh 30 item
pernyataan yang valid. Sebelum diberi Layanan Informasi (Pre–test) tingkat
perencanaan karier siswa dengan rata–rata 72,2 namun setelah layanan informasi
diberikan (Pre–test) perencanaan karier siswa mengalami peningkatan dengan
rata–rata 101,73. Setelah dilakukan uji beda maka diperoleh t hitung sebesar 3,374
dan diketahui t tabel sebesar 2,04 dengan d.b = N–1 (30–1) pada taraf signifikasi
(α) 0,05 sehingga keputusannya adalah thitung > ttabel yaitu (3,374 >2,04). Maka
Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Ini berarti bahwa terdapat Pengaruh Layanan
Informasi Terhadap Perencanaan Karier Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah 06
Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.