Abstract:
Penerimaan diri siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Kuis masih
tergolong rendah. Hal tersebut di karenakan kurangnya layanan yang diberikan
oleh guru BK khususnya layanan informasi dengan pendekatan kognitif mengenai
penerimaan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mempengaruhi penerimaan diri
siswa menggunakan layanan informasi dengan pendekatan kognitif. Hipotesis
dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif Layanan informasi dengan
pendekatan kognitif terhadap penerimaan diri siswa kelas VIII.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Instrument yang
digunakan dalam penelitian ini berupa angket dengan 40 butir soal. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 152 siswa, sedangkan
sampelnya pada penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive,
jadi sampelnya berjumlah 56 siswa. Pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini terdiri data pre test dan post test.
Uji hipotesis menggunakan uji kesamaan dua rata-rata ( Uji t) berdasarkan
pengelolahan data akhir (post test) diperoleh nilai rata-rata 133,71 sedangkan pre
test 93,96. Hasil uji Hipotesis uji t menunjukan bahwa dengan taraf signifikasi 5%
dan derajat kebebasan 55, maka 18,2 > 1,671, ini berarti uji hipotesis uji t adalah
HO ditolak dan H1 di terima.
Dapat disimpulkan bahwa layanan informasi memberikan pengaruh
terhadap penerimaan diri siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Kuis Tahun
Ajaran 2018/2019.