Abstract:
Layanan Informasi melihat perubahan tingkah laku sebagai hasil dari interaksi
dengan lingkungannya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang diamati secara
langsung dan membantu siswa terhadap persepsi yang salah dalam melahirkan
sesuatu yang baru baik berupa gagasan maupun karya nyata, yang relative berbeda
dengan apa yang telah ada sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh layanan informasi terhadap karakter siswa Yang ditunjukkan
siswa/siswi kelas XII SMP Negeri 1 Blangkejeren Tahun Pembelajaran
2017/2018. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII yang
berjumlah 134 siswa, sedangkan yang menjadi sampel sebanyak 38 siswa dengan
menggunakan teknik Purposive Sampling.Sedangkan untuk menentukan sampel
menggunakan penelitian populasi .instrument yang digunakan dalam penelitian
ini, peneliti menggunakan angket untuk variabel (X) tentang layanan informasi
dan variabel (Y) tentang karakter siswa. Untuk mencari besarnya hubungan antara
layanan informasi dengan karakter siswa digunakan rumus korelasi product
moment. Hasil penelitian yang diperoleh adalah hasil r = 0.69. Harga r hitung
tersebut selanjutnya dibandingkan dengan harga r tabel. Untuk taraf signifikan 5%
dan n =38, maka r tabel = 0.320 dan r hitung = 0.69. hal ini dapat disimpulkan
bahwa r hitung ≥ r tabel = ( 0.69 ≥ 0.320) yang berarti ada pengaruh layanan
informasi terhadap karakter siswa Dan untuk mengetahui taraf signifikan makan
melalui uji t. berdasarkan perhitungan tersebut diperoleh harga t hitung = 4.120
dengan taraf signifikan nyata α = 0.05 dk = n-2 = 38. Selanjutnya Ha diterima jika
t hitung ≥ t tabel. Berdasarkan t tabel = 2.024 dapat dilihat bahwa t hitung ≥ t tabel
(5.726 ≥ 2.028). maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima Ho ditolak. Dengan
demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima.