Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan informasi
untuk meningkatkan minat berwirausaha siswa kelas XII SMK Reis Cendikia
Tembung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen
dengan desain one-group pretest-posttest design. Instrument penelitian ini
menggunakan angket dengan 30 pertanyaan. Sampel pada penelitian ini 30 siswa
dengan teknik purposive sampling.
Hasil perhitungan rata-rata mean skor minat berwirausaha siswa sebelum
diberikan treatment adalah 83.6 hasil perhitungan mean skor minat berwirausaha
siswa sesudah diberikan treatment adalah 127.06. Uji hipotesis pada penelitian ini
menggunakan uji non parametric dengan rumus Wilcoxon Signed Ranks Test yang
digunakan untuk menganalisis hasil-hasil pengamatan yang berpasangan dari dua
data yang berbeda atau tidak dengan bantuan program SPSS versi 20.0, dari uji
Wilcoxon Signed Ranks Test terlihat bahwa angka probabilitas Asymp, Sig, (2tailed)
atau
probabilitas
dibawah
alpha
0,05
(0,012<0,05).
Maka
dapat
disimpulkan
bahwa
H1
diterima
dan
Ho
ditolak