Abstract:
Sistem digitalisasi saat ini telah merambah seluruh lini kehidupan
manusia, termasuk sistem pembayaran, salah satunya adalah OVO. Sistem
pembayaran OVO merupakan aplikasi sistem pembayaran online yang dapat di
install di perangkat gedged, IOS, smartphone dan sejenisnya. OVO sebagai salah
satu sistem pembayaran online yang memberikan banyak tawaran yang menarik
bagi penggunanya. OVO merupakan aplikasi smart yang memberikan para
customer kesempatan lebih besar mengumpulkan poin dari banyak tempat. Para
customer dapat menggunakan OVO untuk bertransaksi di semua merchant
bertanda OVO Accepted Here dan mengumpulkan serta menggunakan OVO
Points di merchant bertanda OVO Zone. Adapun tujuan penelitian penulis adalah
Untuk mengetahui bagaimana strategi OVO dalam menarik minat customer untuk
menggunakan pembayaran online di gerai makanan Pappaco Kopitown di Plaza
Medan Fair.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif
kualitatif. Deskriptif kualitatif adalah sebagai prosedur penelitian yang
menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang
dan perilaku yang dapat diamati.
Di plaza Medan fair, hampir di semua tempat perbelanjaan masyarakat
dapat menggunakan sistem pembayaran online OVO. Salah satunya adalah tempat
makan (resto) Pappaco Kopitown di lantai 1. Dengan memesan atau membeli
makanan dan minuman di Pappaco Kopitown menggunakan aplikasi sistem
pembayaran online OVO, masyarakat mendapatkan potongan harga (discount)
sebesar 10 %. Hasil penelitian penulis pada penelitian ini dari segi eksistensi
OVO terhadap gaya hidup para pengunjung Plaza Medan Fair adalah selalu
memberikan reward dan keuntungan kepada para penggunanya agar memudahkan
transaksi pembayaran. OVO juga melakukan kerjasama dengan mitra kerja lain
agar masyarakat dapat menggunakan pembayaran secara online diberbagai
tempat. Strategi pemasaran yang dilakukan OVO dalam meningkatkan minat
masyarakat untuk menggunakan sistem pembayaran online adalah dengan
memberikan potongan harga lebih murah dari harga pembayaran tunai,
memberikan cash back sebesar 10% serta memberikan poin yang nantinya poin
tersebut dapat digunakan atau ditukarkan kembali. Selain itu, OVO juga
memudahkan para masyarakat milenial yang ingin gaya hidup cepat, efisien dan
praktis yakni dengan cara masyarakat tidak harus mengantri ketika melakukan
transaksi pembayaran di gerai makanan atau tempat lain. Cukup dengan
menggunakan smartphone miliknya saja.