Abstract:
Konseling individu adalah proses belajar melalui hubungan khusus secara pribadi
dalam wawancara antara seorang konselor dengan seorang klien. Klien
mengalami kesukaran pribadi yang tidak dapat ia pecahkan sendiri, kemudian ia
meminta bantuan konselor sebagai petugas yang profesional dalam jabatannya
dengan pengetahuan dan keterampilan psikologi. Penelitian ini ditunjukan untuk
mengetahui bagaimana penerapan layanan konseling individu melalui teknik
modeling dalam meningkatkan penalaran moral siswa. penelitian ini merupakan
penelitian menggunakan pendekatan deskripitif kualitatif dengan objek penelitian
sebanyak 3 orang siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 06 Medan yang
bermasalah dengan penalaran moral. Pengambilan data dilakukan selama 4
minggu dengan melalui tahapan konseling individu. Data yang diperoleh
dilapangan dari hasil wawancara dan observasi untuk kemudian dilakukan analisis
data dengan menggunakan reduksi data, memaparkan data dan mengambil
kesimpulan. Berdasarkan hasil wawancara dapat diketahui tejadi peningkatan
penalaran moral pada siswa, hal ini dapat dilihat dari sikap dan perilaku siswa
dalam kesehari-hariannya.