Research Repository

Hubungan Peran Guru Bimbingan di SMK T.Amir Hamzah Indrapura Tahun Ajaran 2019/2020

Show simple item record

dc.contributor.author Sitinjak, Ilhaderi Sanjayana
dc.date.accessioned 2020-11-05T03:45:01Z
dc.date.available 2020-11-05T03:45:01Z
dc.date.issued 2019-05-18
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7820
dc.description.abstract Peran guru bimbingan konseling senantiasa berupaya untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, yang memfasilitasi perkembangan konseli. Konselor dan personel Sekolah lainnya secara sinergi sebagai teamwork berkolaborasi atau bekerjasama merencanakan dan melaksanakan program bimbingan secara sistematis dan berkesinambungan dalam upaya membantu konseli mencapai tugas-tugas perkembangannya. Kualitas hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh peran guru Bimbingan Konseling. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru Bimbingan Konseling dan kualitas hasil belajar siswa. Penelitian juga berupaya untuk menguji hubungan peran guru Bimbingan Konseling terhadap kualitas hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Penelitian dilakukan terhadap siswa SMK T. Amir Hamzah Indrapura Tahun Ajaran 2019/2020 dengan populasi sebanyak 150 siswa. Jumlah sampel penelitian sebanyak 30 siswa dan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dengan mengunakan model skala Likert. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik persentase dan untuk menguji hubungan antara kedua variabel digunakan statistik parametrik yaitu Pearson Correlation. Penelitian menjelaskan bahwa: (1) tingkat capaian responden mengenai peran guru Bimbingan Konseling secara keseluruhan standar deviation sebesar 7,148 , (2) tingkat capaian responden mengenai kualitas hasil belajar siswa secara keseluruhan standar deviation sebesar 11,74 , dan (3) koefisien korelasi peran guru Bimbingan Konseling dan kualitas hasil belajar siswa sebesar 0,481. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa secara umum peran guru Bimbingan Konseling dan kualitas hasil belajar siswa sedang dan terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara peran guru Bimbingan Konseling dan kualitas hasil belajar siswa. en_US
dc.subject Persepsi, Peran en_US
dc.subject Kualitas. en_US
dc.title Hubungan Peran Guru Bimbingan di SMK T.Amir Hamzah Indrapura Tahun Ajaran 2019/2020 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account