Abstract:
Peran guru bimbingan konseling senantiasa berupaya untuk menciptakan
lingkungan belajar yang kondusif, yang memfasilitasi perkembangan konseli.
Konselor dan personel Sekolah lainnya secara sinergi sebagai teamwork
berkolaborasi atau bekerjasama merencanakan dan melaksanakan program bimbingan
secara sistematis dan berkesinambungan dalam upaya membantu konseli mencapai
tugas-tugas perkembangannya. Kualitas hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh
peran guru Bimbingan Konseling. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan peran guru Bimbingan Konseling dan kualitas hasil belajar siswa.
Penelitian juga berupaya untuk menguji hubungan peran guru Bimbingan Konseling
terhadap kualitas hasil belajar siswa.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif jenis deskriptif korelasional.
Penelitian dilakukan terhadap siswa SMK T. Amir Hamzah Indrapura Tahun Ajaran
2019/2020 dengan populasi sebanyak 150 siswa. Jumlah sampel penelitian sebanyak
30 siswa dan pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive
sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup dengan mengunakan
model skala Likert. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik
persentase dan untuk menguji hubungan antara kedua variabel digunakan statistik
parametrik yaitu Pearson Correlation.
Penelitian menjelaskan bahwa: (1) tingkat capaian responden mengenai peran
guru Bimbingan Konseling secara keseluruhan standar deviation sebesar 7,148 , (2)
tingkat capaian responden mengenai kualitas hasil belajar siswa secara keseluruhan
standar deviation sebesar 11,74 , dan (3) koefisien korelasi peran guru Bimbingan
Konseling dan kualitas hasil belajar siswa sebesar 0,481. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa secara umum peran guru Bimbingan Konseling dan kualitas hasil
belajar siswa sedang dan terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara peran
guru Bimbingan Konseling dan kualitas hasil belajar siswa.