Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bidang bimbingan
pribadi sosial siswa terhadap kemampuan menjalin relasi pertemanan siswa di
SMA Asuhan Daya Medan tahun pembelajaran 2018/2019. Adapun sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta
Asuhan Daya Medan Tahun Pelajaran 2018/2019, yang terdiri atas 1 kelas dengan
jumlah siswa 34 orang. Berdasarkan hasil penelitian mengenai bidang bimbingan
pribadi sosialsiswa kelas XI SMA Swasta Asuhan Daya Medan tahun
pembelajaran 2018/2019 sebanyak 34 siswa dengan 10 item angket dengan nilai
tertinggi 40 dan terendah 28. Berdasarkan hasil penelitian mengenai kemampuan
menjalin relasi pertemanan Siswa kelas XI di SMA Swasta Asuhan Daya Medan
Tahun Pembelajaran 2018/2019 sebanyak 34 siswa dengan 10 item angket dengan
nilai tertinggi 48 dan terendah 22. Berdasarkan hasil perhitungan yang peneliti
lakukan maka terdapat pengaruh bidang bimbingan pribadi sosial terhadap
kemampuan menjalin relasi pertemanan siswa, karena > yaitu 6,222>
2,036 dan > 0,415 > 0,329 berarti ada pengaruh antara variabel X dan
variabel Y. Hal ini menunjukan bahwa ditolak diterima.