Abstract:
Permasalahan dalam peneliti ini adalah Peningkatan Motivasi Belajar Siswa dengan
penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Behavior Pada Siswa Kelas
VIII SMP Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan Juli sampai Agustus 2019, bertempat di kelas VIII-3 SMP
Muhammadiyah 1 Medan. Jenis penelitian ini adalah Kualitatif. Teknik dan alat
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tekinik analisis deskriptif terhadap data
berupa data hasil pengisian google formulir, lembar pengamatan/observasi, dokumentasi dan
hasil wawancara dengan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan diberikannya
layanan bimbingan kelompok terjadi peningkatan motivasi belajar bagi siswa dengan
menggunakan alat google from yaitu dari sebanyak 8 siswa dikategorikan rendah dengan
persentase 47% - 54% dan 2 siswa dikategorikan sangat rendah dengan persentase 29% -
31%. Siklus I terdapat 1 orang siswa dikategorikan sangat rendah dengan persentase 43%,
sebanyak 5 siswa dalam kategori rendah dengan persentase 46% - 65%, dan 1 orang siswa
lainnya masuk pada kategori tinggi yaitu dengan persentase 68%. Siklus II hanya terdapat 2
orang siswa dalam kategori rendah dengan persentase 50% – 51%, kemudian sebanyak 4
siswa telah dikategorikan tinggi dengan persentase 67% - 85%, serta 1 orang siswa telah
mencapai kategori sangat tinggi dengan hasil persentase 89%. Disimpulkan bahwa layanan
bimbingan kelompok dengan pendekatan behavior menggunakan hasil google from dapat
meningkatkan motivasi belajar siswa