Abstract:
Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
Apakah ada Pengaruh Layanan Informasi Bidang Bimbingan Sosial Terhadap
Perilaku Sosial Siswa Kelas VIII dilingkungan sekolah SMP Negri 1 Kutacane
T.A 2018/2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh
Layanan Informasi Bidang Bimbingan Sosial Terhadap Perilaku Sosial Siswa.
Jenis penelitian ini adalah Desain yang akan dilakukan dalam penelitian ini
mengunakan desain Pre-tes dan post-tes. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu penyebaran angket tertutup.Instrument
penelitian yang digunakan adalah berupa angket yang berisi 30 pernyataan.
Sebagai sampel yang digunakan oleh penelitian ini yaitu siswa kelas IX-2 smp
negeri 1 badar yang berjumlah 27 orang. Penelitian ini menggunakan teknik
product moment. Berdasarkan hasil penelitian maka di peroleh hasil pengujian
korelasi rxy = 0,588 lebih besar dari rtabel = 0,380 (0,588> 0,380 dari hasil tersebut
menunjukkan bahwa pengaruh layanan informasi bidang bimbigan sosial
mempengaruhi perilaku sosial pada siswa. Dari hasil penelitian di peroleh thitung =
7,099 sedangkan ttabel= 2,060 Berdasarkan uji hipotesis kedua data tersebut
diperoleh nilai thitung> ttabel yaitu 7,099 > 2,060, maka Ha diterima dan Ho ditolak.
Dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan layanan informasi bidang
bimbingan sosial terhadap perilaku sosial siswa kelas IX di smp negeri 1 badar
kutacane tahun ajaran 2019/2020.