Abstract:
Layanan bimbingan kelompok adalah mengaktifkan dinamika kelompok untuk
membahas hal yang berguna bagi pengembangan pribadi dan/atau pemecahan
masasalah individu yang menjadi peserta kegiatan kelompok.dalam Bkp dibahas
topik-topik umum yang menjadi kepedulian yang bersama anggota kelompok. yang
intens dan konsruktif, diikuti oleh semua anggota dibawah pimpinan kelompok
(konselor). Adapun tujuan penelitan ini adalah untuk menigkatkan keamatangan
emosional siswa, penelitian ini dilaksanakaan di Smp Tamansiswa Medan Tahun
Ajaran 2018/2019 yang beralamat di Jln. Bakaran Batu No. 18 Medan. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) subjek penelitian ini adalah
peneliti yang bekerjasama dengan guru bimbingan dan konseling. Objek penelitian
ini berjumlah 8 (delapan) orang dari siswa-siswi kelas VII proses pengumpulan data
dilakukan selama 3 minggu dimulai dari Juli hingga Agustus 2019 dengan teknik
pengumpulan data, wawancara, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang
dilakukan, melaui penerapan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan
kematangan emosional siswa kelas VII SMP Tamansiswa Medan,tentang kematangan
emosi secara luas dan mendalam sudah meningkat, dilihat dari hasil observasi yang
dilakukan penulis setelah melakukan layanan bimbingan konseling kelompok dan
terdapat perubahan sikap siswa, yang tadinya masih sering berantam atau suka
ngomonng kasar dengan temannya menjadi lebih saling berteman atau tidak lagi
ngomng sama kawaannya dengan kata bodoh.