Abstract:
Efektivitas layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan konsep diri
positif siswa kelas X SMA Harapan Mekar Medan tahun pembelajaran 2018/2019
dapat membantu siswa dalam mengendalikan konsep diri negatif dan
meningkatkan kepercayaan diri siswa. Adapun penelitian ini merupakan penelitian
kualitatif, yaitu penelitian yang tujuannya menganalisis fenomena atau kejadian
maka pengambilan sampelnya tidak ditentukan, oleh Karena itu peneliti
mengambil 1 kelompok dari kelas X di SMA Harapan Mekar Medan.
Penngumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Rendahnya konsep diri siswa tidak biasa dihadapi
oleh beberapa siswa disekolah SMA Harapan Mekar Medan.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan
bahwa guru bimbingan dan konseling sudah berperan aktif dalam melaksanakan
setiap layanan Bimbingan Kelompok untuk meningkatkan konsep diri siswa yang
positif. Namun ada juga hambatan yang dialami oleh guru bimbingan dan
konseling yaitu kurangnya kesadaran pribadi siswa akan pentingnya memiliki
konsep diri yang positif