Research Repository

Analisis Jembatan Gelagar Box Girder Baja Untuk Kereta Api Dengan Menggunakan Peraturan Menteri No. 60 Tahun 2012 Dan Sni 2833-2016 Tipe Rel R33

Show simple item record

dc.contributor.author Azura
dc.date.accessioned 2020-11-05T02:56:22Z
dc.date.available 2020-11-05T02:56:22Z
dc.date.issued 2019-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7787
dc.description.abstract Jembatan adalah struktur yang dibangun dengan tujuan menghubungkan jalan yang terputus karena rintangan seperti sungai, lembah, atau laut khususnya Indonesia merupakan wilayah yang terdiri dari beberapa pulau sehingga dibutuhkan suatu struktur yang dapat menghubungkan jalan antar pulau. Dalam penelitian ini, penulis akan merencanakan struktur jembatan untuk kereta api dengan box girder dengan membandingkan kedua jenis situs tanah yaitu, tanah sedang dan tanah keras pada daerah Kota Padang. Perencanaan akan mengacu pada SNI 1725-2016 untuk pembebanan, Peraturan Menteri No. 60 tahun 2012 dan SNI 2833-2016. Struktur jembatan yang direncanakan adalah jembatan dengan bentang 40 m. Analisa struktur jembatan menggunakan alat bantu software CSI Bridge versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur jembatan dengan jenis tanah sedang memiliki nilai lendutan terbesar yaitu sebesar 0,001909 m dibandingkan dengan jenis tanah keras yang memiliki nilai lendutan 0,001673 m, hal ini disebabkan karena struktur jembatan dengan jenis tanah sedang memiliki nilai perioda yang besar dibandingkan dengan jenis tanah keras sehingga struktur lebih fleksibel. en_US
dc.subject Jembatan kereta api en_US
dc.title Analisis Jembatan Gelagar Box Girder Baja Untuk Kereta Api Dengan Menggunakan Peraturan Menteri No. 60 Tahun 2012 Dan Sni 2833-2016 Tipe Rel R33 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account