Abstract:
Konseling kelompok merupakan suatu sistem layanan bantuan yang amat
baik untuk membantu pengembangan kemampuan pribadi, pencegahan dan
mengenai konflik-konflik antar pribadi atau pemecahan masalah. Konseling
kelompok dalam penelitian ini adalah untuk membantu siswa dalam mengatasi
permasalahan tersebut tidak semakin mempengaruhi pribadi siswa tersebut.
Kecemasan adalah suatu perasaan khawatir, tidak tenang dan ketakutan yang tidak
diketahui dimana hal ini berpengaruh juga pada proses fisik dan perilakunya.
Dengan mengekspresikan suatu sikap setuju dan tidak setuju yang berasal dari
berbagai sumber, baik internal maupun eksternal diri. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui Penerapan Layanan Konseling Kelompok Untuk Mengurangi
Kecemasan Belajar Siswa Kelas IX SMP PAB 2 Helvetia Tahun Ajaran
2018/2019. Jumlah populasi. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 335
siswa, sedangkan yang menjadi sampel sebanyak 8 siswa dengan menggunakan
teknik Purposive Sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket
yang diuji validitas dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji
presentase dengan pengujian persyaratan analisis yaitu uji normalitas, uji t, uji
hipotesis dan uji determinasi. Hasil penelitian uji t menunjukan nilai
dibandingkan dengan , > (1,42 > 1,94). Sebagai kriteria
hipotesis diterima atau ditolak. Maka, ditolak dan diterima. Dengan hasil
koefisien determinasi 84% menunjukan besar penurunan kecemasan belajar siswa.