Abstract:
Terminal adalah tempat pelayanan umum, tempat turun naiknya penumpang,
tempat perpindahan antar angkutan umum serta tempat mengatur kedatangan dan
keberangkatan angkutan umum. Terminal Sibolga Kota Sibolga merupakan
terminal tipe A. Untuk mengevaluasi kinerja teknis terminal Sibolga dilakukan
penelitian tujuannya agar dapat mengetahui bagaimana tingkat pelayanan di
terminal Sibolga. Agar mendapatkan hasil yang akurat harus dimulai dari survey
lokasi, menghitung angkutan umum yang keluar dan masuk serta menghitung
kendaraan yang masuk pelataran parkir. Survey dilakukan selama 3 hari Sabtu,
Senin, Selasa dari jam 06.00 – 18.00. Setelah semua data didapat maka dapat
dilakukan pengolahan untuk mendapatkan hasil penelitian. Pengolahan data
diambil 1 hari terdapat untuk mewakili data yang lainnya dan hari terdapat terjadi
pada hari senin dengan jumlah angkutan umum 686 kendaraan/jam. Dari
pengolahan dapat disimpulkan bahwa masih kurangnya pelayanan di Terminal
Sibolga karena banyak fasilitas-fasilitas terminal /jam.
yang kurang baik. Untuk perparkiran didapat jumlah kendaraan yang parkir
maksimum AKAP 0 kendaraan/jam, AKDP 7 kendaraan/jam, ANGKOT 10
kendaran/jam, ANGDES 13 kendaraan/jam. Sedangkan daya tampung parkir yang
tersedia untuk jenis-jenis angkutan umum: AKAP 104 kendaraan/jam, AKDP 168
kendaraan/jam, ANGKOT 348 kendaraan/jam dan ANGDES 174 kendaraan