Abstract:
Konseling Individual adalah layanan bimbingan dan konseling yang
membantu peserta didik untuk menyelesaikan permasalahannya baik pribadi
amupun sosial dengan langsung bertatap muka antara peserta didik (konseli)
dengan guru pembimbing (konselor). Dalam hal ini guru pembimbing membahas
berbagai permasalahan yang sedang dialami konseli dengan tujuan untuk
mengentaskan permasalahan peserta didik dengan secepatnya. Teknik Johari
Window merupakan jendela Johari yang membantu siswa dalam memahami
dirinya serta orang lain. Self Awareness atau kesadaran diri merupakan aspek yang
sangat penting untuk diketahui oleh individu usia remaja dalam membantu
pembentukan identitas diri remaja dalam mencapai kematangan karir. Penelitian
ini dilakukan di Madrasah Aliyah Swasta Laboratorium IKIP AL-Washliyah
Medan, Provinsi Sumatera Utara. Adapun yang menjadi permasalahan dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana teknik Johari Window dalam
meningkatkan Self Awarenesspada siswa kelas XI Madrasah Aliyah Swasta
Laboratorium IKIP AL-Washliyah Medan. Objek dalam penelitian ini adalah 3
orang dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif dan layanan yang
digunakan menggunakan Layanan Konseling Individu serta dengan Teknik Johari
Window. Dapat disimpulkan bahwa hasil dari pelaksanaan konseling individual
dapat meningkatkan Self Awareness siswa.