Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan penguasaan
konten dengan teknik mind mapping dapat meningkatkan perencanaan karir siswa
kelas VIII SMP Muhammadiyah 07 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah eksperiment dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini berjumlah 128 siswa dan sampel yang diambil dengan menggunakan
teknik samplig purposive yaitu sebanyak 30 siswa. Instrumen penelitian yang
digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi dan angket. Hasil
perencanaan karir siswa di kelas VIII SMP Muhamadiyah 07 Medan Tahun
Pelajaran 2018/2019 sebelum diberikan perlakuan (pre-test) dapat dikatakan
perencanaan karir siswa berada pada tingkat cenderung rendah yaitu berada pada
skor rata-rata 50,16. Setelah diberikan perlakuan (post-test) perencanaan karir
siswa mengalami peningkatan yang cenderung tinggi yaitu berada pada skor ratarata
70,7. Dari hasil perhitungan diperoleh bahwa thitung = 5,211. Harga thitung
tersebut kemudian dibandingkan dengan ttabel yaitu 1,699 dengan d.b = n-1 = 30-1
pada taraf nyata a = 0,05. Selanjutnya Ha diterima jika thitung > ttabel. Berdasarkan
hasil yang diperoleh bahwa thitung = 5,211 dan ttabel = 1,699, maka berarti tthitung >
ttabel (5,211 > 1,699). Jadi dapat disimpulkan bahwa Ha diterima Ho ditolak.
Dengan demikian maka diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh layanan
penguasaan konten dengan teknik mind mapping terhadap perencanaan karir
siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 07 Medan Tahun Pembelajaran
2018/2019.