Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang penerapan layanan
Informasi untuk Mencegah perilaku bullying. Tujuan penelitian ini : Untuk
mengetahui adanya Penerapan Layanan Informasi Untuk Mencegah Perilaku
Bullying Siswa Kelas IX SMP PAB 2 Helvetia Medan Tahun Pembelajaran
2018/2019 Adapun objek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX
SMP Pab 2 Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 yang berjumlah
288 Siswa, penelitian ini penelitian kualitatif dan untuk menentukan sampel
dalam penelitian ini menggunakan Purposive sampling yang berjumlah 70
siswa dibagi dalam 2 kelas yaitu kelas IX
. Tekhnik pengumpulan
data dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara dengan siswasiswa
yang
bersangkutan
dan
orang-orang
yang
dapat
memberikan
informasi
yang
diteliti.
Adapun
tekhnik
analisis
data
dalam
penelitian
ini
menggunakan
reduksi
data,
penyajian
data
dan
penarikan
kesimpulan.
Dari
hasil
penelitian
dapat
diketahui
bahwa
penerapan
layanan
Informasi
untuk
Mencegah
perilaku
Bullying
siswa
kelas
IX
SMP
PAB
2
Helvetia
Medan
Tahun
Pembelajaran
2018/2019
sudah
berjalan
dengan
baik.
Pada
pelaksanaan
layanan
Informasi
I
terjadi
perubahan
dalam
mengurangi
perilaku
bullying
sebesar
40%,
pada
pelaksanaan
Informasi
II
terjadi
peningkatan
60%
dan
pada
pelaksanaan
Informasi
III
terjadi
peningkatan
80%.