Research Repository

Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Peningkatan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa Kelas VIII MTs N 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019

Show simple item record

dc.contributor.author Safitry., Atika Ramadhani
dc.date.accessioned 2020-11-05T02:18:16Z
dc.date.available 2020-11-05T02:18:16Z
dc.date.issued 2019-09-05
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7749
dc.description.abstract Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya kemampuan perencanaan karir siswa yang disebabkan pelaksanaan layanan informasi yang dilakukan kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan informasi terhadap peningkatan kemampuan perencanaan karir siswa dan untuk mengetahui peningkatan kemampuan perencanaan karir siswa kelas VIII Mts N 3 Medan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah Pre-eksperimental Design dengan desain one grup pretestposttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs N 3 Medan yang berjumlah 220 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 MTs N 3 Medan yang berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kemampuan perencanaan karir siswa dan wawancara. Validitas instrumen dan reabilitas instrumen menggunakan SPSS For Window seri 22.0. Sedangkan teknik analisis data dengan menghitung skor skala kemampuan perencanaan karir siswa dan uji hipotesis. Hasil penelitian menujukkan sebelum diberikan layanan informasi, kemamampuan perencanaan karir siswa memiliki skor rata-rata 36,94. Setelah diberikan layanan informasi kemampuan perencanaan karir siswa mendapat peningkatan dengan skor rata-rata 66,18. Sedangkan hasil uji hipotesis terdapat adanya pengaruh layanan informasi terhadap peningkatan kemampuan perencanaan karir siswa ditunjukkan dengan hasil thitung > ttabel yaitu 5,813 > 2,026. Kesimpulan penelitian ini bahwa adanya pengaruh layanan informasi terhadap peningkatan kemampuan perencanaan karir siswa kelas VIII MTs N 3 Medan. Terdapat peningkatan kemampuan perencanaan karir siswa sebelum dan sesudah pemberian layanan. Hal ini ditunjukkan skor peningkatan sebesar 29,24. Berdasarkan hasil tersebut maka saran yang dapat disampaikan diharapkan guru BK memberikan layanan informasi secara teratur dan sistematis untuk membantu siswa dalam perencanaan karirnya, diharapkan pihak sekolah lebih meningkatkan sarana dan prasarana yang dapat dipergunakan, diharapkan siswa agar lebih berperan aktif dalam kegiatan layanan informasi yang disamapaikan oleh guru BK. Selain itu diisarankan kepada peneliti yang lain untuk meneliti faktor-faktor yan lain yang mempengaruhi kemampuan perencanaan karir. en_US
dc.subject Layanan Informasi, en_US
dc.subject Kemampuan Perencanaan Karir Siswa en_US
dc.title Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Peningkatan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa Kelas VIII MTs N 3 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account