Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya kemampuan perencanaan karir siswa
yang disebabkan pelaksanaan layanan informasi yang dilakukan kurang optimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan informasi terhadap
peningkatan kemampuan perencanaan karir siswa dan untuk mengetahui
peningkatan kemampuan perencanaan karir siswa kelas VIII Mts N 3 Medan.
Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian yang peneliti
gunakan adalah Pre-eksperimental Design dengan desain one grup pretestposttest
design.
Populasi
penelitian
ini
adalah
siswa
kelas
VIII
MTs
N
3
Medan
yang
berjumlah
220
siswa.
Sampel
penelitian
ini
adalah
siswa
kelas
VIII-1
MTs
N
3
Medan
yang
berjumlah
37
siswa.
Teknik
pengumpulan
data
menggunakan
skala
kemampuan
perencanaan
karir
siswa
dan
wawancara.
Validitas
instrumen
dan
reabilitas
instrumen
menggunakan
SPSS
For
Window
seri
22.0.
Sedangkan
teknik
analisis
data
dengan
menghitung
skor
skala
kemampuan
perencanaan
karir
siswa
dan
uji
hipotesis.
Hasil
penelitian
menujukkan
sebelum
diberikan
layanan
informasi,
kemamampuan
perencanaan
karir
siswa
memiliki
skor
rata-rata
36,94.
Setelah
diberikan
layanan
informasi
kemampuan
perencanaan
karir
siswa
mendapat
peningkatan
dengan
skor
rata-rata
66,18.
Sedangkan
hasil
uji
hipotesis
terdapat
adanya
pengaruh
layanan
informasi
terhadap
peningkatan
kemampuan
perencanaan
karir
siswa
ditunjukkan
dengan
hasil
thitung
>
ttabel
yaitu
5,813
>
2,026.
Kesimpulan
penelitian
ini
bahwa
adanya
pengaruh
layanan
informasi
terhadap
peningkatan
kemampuan
perencanaan
karir
siswa
kelas
VIII
MTs
N
3
Medan.
Terdapat
peningkatan
kemampuan
perencanaan
karir
siswa
sebelum
dan
sesudah
pemberian
layanan.
Hal
ini
ditunjukkan
skor
peningkatan
sebesar
29,24.
Berdasarkan
hasil
tersebut
maka
saran
yang
dapat
disampaikan
diharapkan
guru
BK
memberikan
layanan
informasi
secara
teratur
dan
sistematis
untuk
membantu
siswa
dalam
perencanaan
karirnya,
diharapkan
pihak
sekolah
lebih
meningkatkan
sarana
dan
prasarana
yang
dapat
dipergunakan,
diharapkan
siswa
agar
lebih
berperan
aktif
dalam
kegiatan
layanan
informasi
yang
disamapaikan
oleh
guru
BK.
Selain
itu
diisarankan
kepada
peneliti
yang
lain
untuk
meneliti
faktor-faktor
yan
lain
yang
mempengaruhi
kemampuan
perencanaan
karir.