Research Repository

Identifikasi Lokasi Rawan Kecelakaan Lalulintas Pada Jaringan Jalan Di Kota Tebing Tinggi Dengan Metode Batas Kontrol Atas Dan Upper Control Limit

Show simple item record

dc.contributor.author Almaida
dc.date.accessioned 2020-11-05T02:12:40Z
dc.date.available 2020-11-05T02:12:40Z
dc.date.issued 2019-09-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/7744
dc.description.abstract Kota Tebing Tinggi sebagai kota yang mempunyai aksesibilitas yang cukup tinggi dikarenakan kota Tebing Tinggi memiliki banyak ruas jalan yang merupakan jalur penghubung lintas timur dan lintas utara Sumatera. Tidak jarang pada ruas jalan tersebut terjadi kecelakaan lalulintas yang mengakibatkan korban jiwa maupun materi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ruas jalan yang memiliki angka kecelakaan tertinggi di kota Tebing Tinggi dan ruas-ruas jalan yang beresiko kecelakaan lalulintas serta mengetahui hubungan nilai EAN dengan jari-jari tikungan, jarak pandang henti, dan derajat kejenuhan pada ruas jalan yang memiliki angka kecelakaan tertinggi. Tahapan perhitungan ruas jalan yang beresiko kecelakaan dilakukan menggunakan metode EAN lalu di analisis menggunakan metode BKA dan UCL. Hasil analisis diketahui ruas jalan yang memiliki angka kecelakaan tertinggi berada pada jalan Gatot Subroto km 1-2, serta ruas jalan yang berisiko kecelakaan terdapat pada jalan Yos Sudarso km 0-1, jalan Yos Sudarso km 1-2, dan jalan Gatot Subroto km 1-2. Kemudian untuk mengetahui hubungan geometrik pada jalan Gatot Subroto km 1-2 terhadap tingkat kecelakaan dilakukan dengan analisis regresi linier. Hasil analisis didapat bahwa nilai R mencapai 0,822 untuk jari-jari tikungan, 0,9799 untuk jarak pandang, serta 0,9052 untuk derajat kelengkungan. Hal ini membuktikan bahwa jari-jari tikungan, jarak pandang, dan derajat kelengkungan sangat berpengaruh terhadap tingkat kecelakaan yang terjadi en_US
dc.subject Kecelakaan lalulintas en_US
dc.subject Geometrik en_US
dc.title Identifikasi Lokasi Rawan Kecelakaan Lalulintas Pada Jaringan Jalan Di Kota Tebing Tinggi Dengan Metode Batas Kontrol Atas Dan Upper Control Limit en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account