Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang Penggunaan Teknik Konseling Humanistik
Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Sopan Santun. Tujuan
penelitian ini : Untuk mengetahui adanya peningkatan sopan santun pada siswa kelas VIII
SMP PAB Helvetia Medan tahun pembelajaran 2018/2019. Adapun dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PAB Helvetia Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019
yang berjumlah 202 Siswa, dan untuk menentukan sampel dalam penelitian ini menggunakan
Purposive sampling yang berjumlah 30 siswa. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan angket dan dipaparkan berdasarkan dari sudut pandang penelliti. Untuk
menganalisis data yang terkumpul peneliti menggunakan uji t. Dari hasil penelitian yang
telah dihitung, ada pengaruh yang signifikan antara layanan bimbingan kelompok terhadap
Sopan Santun siswa dengan koefisien 0,3610. KemudianBerdasarkan hasil uji t yang
dilakukan secara parsial Peningkatan Sopan Santun Melalui Pemberian Layanan Bimbingan
Kelompok dengan Teknik Humanistik diperoleh thitung6,720 sedangkan ttabel sebesar 2,306 dan
nilai signifikasi 0,000 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa H1 diterima yang berarti adanya
Peningkatan Sopan Santun Melalui Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok dengan
Teknik Humanistik Siswa Kelas VIII SMP PAB Helvetia Medan T.A 2018/2019.